Dinamika Sistem I

Dinamika Sistem secara umum berkaitan dengan model matematika pada sebuah sistem dinamik dan menganalisa respon dari sistem tersebut dengan sebuah cara pandang mengenai sifat asli dari masing masing sistem yang kemudian mengembangkan performa sistem tersebut. Selanjutnya analisa respon itu dilakukan dengan simulasi komputasi dari sistem dinamik tersebut. (Katsuhiko Ogata, 2004)

Dinamika sistem menjadi sebuah topik dasar yang perlu dipahami setiap orang karena dalam sebuah sistem fisis (sebuah kejadian) sangat banyak hal yang berkaitan. Dengan memahami dinamika sistem kita bisa menerapkan konsepnya untuk perkara yang berkaitan dengan permesinan, elektronika, pneumatik maupun sistem hydraulic dalam dunia teknik. Meski demikian konsep dinamika sistem juga bisa diterapkan di bidang non teknik seperti pada bidang ekonomi maupun biologi.

Sebelum lebih jauh berdikusi mengenai dinamika sistem, perlu kita pahami beberapa hal yang berkaitan dengan dinamika sistem. Beberapa hal yang berkaitan dengan dinamika sistem antara lain adalah konsep sistem, model matematis, persmaaan diferensial (turunan) linier dan non linier, sistem linear dan sistem non linear, serta sistem waktu kontinu dan sistem diskrit.

Sistem, sis·tem /sistém/ n 1 perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas: — pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran darah dl tubuh; — telekomunikasi; 2 susunan yg teratur dr pandangan, teori, asas, dsb: — pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb); 3 metode: — pendidikan (klasikal, individual, dsb); kita bekerja dng — yg baik; — dan pola permainan kesebelasan itu banyak mengalami perubahan; (KBBI). Berkaca dari pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut, maka kita bisa mengembangkan pengertian tentang sistem. Katsuhiko Ogata (2004) menuuturkan bahwa sistem adalah sebuah kombinasi dari beberapa komponen yang bekerjasama dalam mencapai sebuah tujuan. sebuah komponen adalah sebuah fungsi tunggal dari sebuah sistem. Selain itu sistem juga dimaknai sebagai kumpulan elemen yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang tertentu (Blanchard, 1991). Tanpa membatasi pembahasan fenomena fisis, sebuah sistem bisa juga memuat fenomena abstrak diluar nalar, yang kadang sulit dihitung menurut logika sains seperti perkembangan ekonomi, pertumbuhan penduduk dan hal hal terkait proses biologi. (maknanya ada campur tangan Allah dalam proses itu yang bisa jadi di luar perhitungan logika). Sistem terdiri dari berbagai elemen, elemen ini saling berkaitan dan bekerja sama, dan sebuah sistem ada untuk mencapai tujuan tertentu.

Sebuah sistem disebut dinamik jika sistem itu menghasilkan output (luaran) yang bergantung pada input (masukan). Jika output saat ini bergantung pada input saat ini, ini disebut dengan sistem statis. Output dari sistem statis cenderung konstan jika inputnya tidak diubah, artinya output hanya akan berubah jika inputnya diubah. Sedangkan pada sistem dinamis, output akan berubah sejalan dengan kesetimbangan (equilibrium) sistem itu sendiri.

 

Model Matematis. Semua bentuk sistem harus dimulai dengan sebuah analisa prediksi atas performa sistem itu sebelum sistem itu benar benar dibuat atau sistem itu dibuat dalam konsep detail. Pendekatan yang sering digunakan dalam dinamika sistem adalah menggunakan model matematis. Model matematis adalah deskripsi dari sistem yang berlaku pada sebuah dinamika sistem (Katsuhiko Ogata, 2004).

Persamaan (Diferensial) Turunan linier dan non linier. Persamaan turunan Linear dibagi dalam dua bagian, yaitu berbasis waktu yang konstan (time-invariant differential) dan waktu yang bervariasi (time-varying differential). Time-invariant differential adalah sebuah persamaan yang bergantung pada variabel dan turunannya merupakan kombinasi linear. Time-varying differential, variabel dan turunannya merupakan kombinasi linear namun koefisiennya bisa merupakan variable bebas.

insyaAllah berlanjut di artikel berikutnya…

mohon koreksi masukan dan komentarnya jika ada yang kurang sesuai.. ^_^

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s